AKSI NYATA 1.4 BUDAYA POSITIF CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 4 KABUPATEN KEDIRI

MENGAKTIFKAN KELAS BACA TULIS ALQUR'AN DAN LITERASI JUZ AMMA DIAWAL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR'AN ANAK

1. Latar Belakang

Dengan adanya Visi sekolah adalah mewujudkan Peserta didik yang Berilmu Pengetahuan dan Berakhlakul Karimah. Oleh karena itu sasaran utama sekolah adalah membentuk kepribadian anak dengan bekal ilmu pengetahuan dasar agama yang kuat sehingga dapat membentuk akhlak mereka dimasyarakat. Program sekolah adalah dengan membekali peserta didik dengan praktek – praktek sederhana yang akan membekali mereka dalam penerapan Rukun Islam dalam kehidupan sehari – hari. Selama masa pandemi pembekalan dalam bidang keagamaan sangatlah kurang karena kendala pembelajaran secara daring. Sehingga ketika masaPTMT maka perlu diaktifkannya kegiatan mendasar seperti kelas baca tulis Alqur’an dan literasi Juz Amma.

2. Tujuan

Tujuan dari kegiatan atau budaya positif diatas adalah membuat anak lebih mudah dan lancar dalam baca tulis Alquran. Sehingga pada setiap akhir semester setiap peserta didik dapat memenuhi kesepakatan sekolah tentang batas hafalan Juz Amma dan Pemenuhan kegiatan Praktek kegamaan ( Praktek Wudhu, Sholat Subuh, dan Sholat Jenazah )

3. Tolok ukur

Tolok Ukur pelaksanaan Budaya Positif Diatas adalah penilaian terhadap capaian hafalan Juz Amma dan Praktek Keagamaan.

4. Linimasa Tindakan yang dilakukan





5. Dukungan yang dibutuhkan

     Dalam melaksanakan Budaya positif Diatas banyak Pihak yang mendukung yaitu :

a.       Bapak Ketua Yayasan

Bapak Ketua Yayasan adalah sebagai pemangku kepentingan tertinggi. Beliau sebagai penaggung jawab atas segala program dan kebijakan dalam Yayasan.

b.      Bapak Kepala Sekolah

Bapak Kepala Sekolah selaku koordinator dan Penanggung jawab atas pelaksanaan Program diSatuan pendidikan.

c.       Guru Baca tulis Alqur’an

Guru Baca Tulis Alqur’an adalah sebagai pendidik, pembimbing Peserta Didik dalam kelas baca Tulis Alqur’an. Guru tersebut dibagi menjadi 6 Tingkatan Jilid ( kelas ). Tiap tingkat terdapat 1 orang guru sebagai Tutor dan beberapa sebagai guru Privat.

d.      Bapak / Ibu Guru mapel

Bapak ibu Guru mata pelajaran jam pertama adalah orang yang berperan penting dalam pelaksanaan pembacaan Juz Amma sebagai bagian dari 15 menit Literasi diawal pelajaran.


Comments